Senin, 03 September 2012

7 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Setiap Wanita

Setiap manusia pasti membutuhkan vitamin sebagai suplement penunjang kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda? Bahwa terdapat perbedaan kebutuhan vitamin antara pria dan wanita. Berikut 7 vitamin yang diperlukan oleh setiap wanita.


1. Kalsium
sumber makanan berkalsium 
Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi manusia, selain itu mengkonsumsi makanan berkalsium dapat mencegah timbulnya kanker payudara. Sebaiknya mengkonsumsi sekitar 1.000 miligram setiap hari dan 1.200 untuk wanita yang sudah menopause agar terhindar dari osteoporosis.

Sumber kalsium : Keju, susu, brokoli, kacang-kacangan



2. Vitamin D

makanan yang mengandung vitamin D

Vitamin D juga berperan dalam pembentukan tulang, dan juga memaksimalkan penyerapan kalsium, sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Seperti halnya pada kalsium vitamin D juga dapat mencegah resiko kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker ovarium.

Sumber Vitamin D : keju, brokoli, ikan salmon, diluar itu berjemur di sinar matahari antara pukul 07.00 - 08.00

3. Asam Folat


Asam Folat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel tubuh. Pada ibu Hamil asam folat berguna dalam pembentukan calon bayi agar bayi dapat lahir dengan normal dan tidak cacat. Diluar itu Asam folat juga berguna untuk mengontrol suasana hati apalagi saat masa menstruasi dan  menjelang menopause.

Sumber Asam Folat : kacang-kacangan, bayam, dan sayuran hijau

4. Beta-Karoten
wortel sebagai makanan yang mengandung beta-karoten tinggi
Beta-Karoten adalah salah satu sumber zat antioksidan yang terdapat pada buah-buahan. Berguna dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan awal dari sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung.Disamping itu Beta-Karoten juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan membuat penglihatan jernih dan bening.

Sumber Beta-Karoten : Wortel, kentang, peach, dsb

5. Zat Besi
sumber makanan yang mengandung zat besi

Zat besi merupakan unsur yang sangat penting dalam proses pembentukan sel darah merah khususnya hemoglobin. Manfaatnya sendiri mencegah kelelahan, dan kekurangan darah, sangat penting untuk wanita hamil mengingat proses kelahiran yang mengeluarkan banyak darah.

Sumber zat besi : bayam, daging sapi, daging ayam, ikan tuna, dsb

6. Vitamin B6 dan B12
makanan yang mengandung vitamin B6 dan B12
Vitamin B6 berguna untuk mengatur hormon serta memaksimalkan metabolisme serta fungsi otak. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan anemia. Sedangkan vitamin B12 berfungsi untuk mempertahankan fungsi saraf serta membantu dalam mempertahankan memori, dan mencegah penyakit jantung.

Sumber vitamin B6 dan B12 : daging, susu, telur, ikan, keju, kacang-kacangan

7. Omega 3
makanan yang mengandung omega 3
Omega 3 berguna sekali untuk ibu hamil, zat ini yang membantu dalam pembentukan otak bayi. selain itu omega 3 juga berperan dalam mencegah penyakit jantung, kanker payudara,dan  preeklamsia (darah tinggi pada saat melahirkan). Disamping itu omega 3 dapat mengatasi kram saat haid, dan meningkatkan kesuburan. Jadi omega 3 sangatlah penting baik untuk setiap wanita.

Sumber Omega 3  : Ikan salmon, telur, biji-bijian

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More