Minggu, 02 September 2012

Fakta Menarik Tentang Ketombe

Semua orang pasti pernah melihat serpihan-serpihan putih yang jatuh baik di bagian bahu pakaian ataupun saat berterbangan saat menggaruk kepala. Serpihan-serpihan tersebut dikenal dengan nama ketombe. Ketombe sebenarnya adalah kulit mati yang terkelupas di kulit kepala.Hal ini disebabkan oleh infeksi jamur superficial yang dapat menyebar dengan berbagi sisir. Berikut kami paparkan beberapa fakta menarik seputar ketombe.



1.  Ketombe bukan disebabkan oleh kulit kepala yang kering.

Banyak orang berfikir bahwa ketomber disebabkan oleh kulit kepala yang kering padahal ketombe sendiri di timbulkan oleh pertumbuhan jamur superficial yang berlebihan. Hal tersebut terjadi ketika kulit kepala mengandung banyak minyak dan menyebabkan kulit kepala lebih mudah terkelupas.

2. Membersihkan ketombe dengan lebih sering keramas

Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak alami rambut dan menyebabkan iritasi pada kulit kepala, inilah pendapat yang biasa di kemukakan oleh para ahli dermatolog. Namun ketika kita di hadapkan dengan ketombe, jarang keramas adalah pilihan yang kurang bijak untuk diambil.
Hal ini dikarenakan untuk mengatasi ketombe Anda harus menghilangkan semua minyak dan jamur yang merajalela di kepala Anda dengan shampo anti ketombe. Untuk yang memilki rambut kasar ada baiknya menggunakan conditioner agar rambut tetep lembab, lembut dan tidak mudah rapuh.

3.   Gatal pada kulit kepala belum tentu disebabkan oleh ketombe

Jika Anda telah keramas setiap hari menggunakan shampo anti ketombe dan belum menampakan hasil yang diharapkan. Mungkin saja gatal pada kulit kepala Anda bukan disebabkan oleh ketombe bisa saja disebabkan oleh alergi kulit ataupun peradangan pada kulit kepala. Periksakan segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

4. Ketombe dapat timbul pada bagian tubuh lain.

Ketombe dapat pula muncul pada bagian lain selain kulit kepala seperti alis mata, hidung, telinga. Hal tersebut dikarenakan bagian tersebut menghasilkan banyak minyak. Solusinya Anda dapat mengusap bagian-bagian tersebut menggunakan shampo anti ketombe saat Anda keramas.

5. Ketombe tidak dapat disembuhkan, tapi di kontrol

Ketombe bisa di ibaratkan seperti bomerang. Kenapa? karena ketombe dapat balik kembali, apalagi bagi Anda yang pernah mengalaminya. Untuk itu konsumsilah banyak sayuran dan buah-buahan khususnya yang banyak mengandung seng (Zinc) dan vitamin B serta hindari pula makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat memicu minyak berlebih pada kulit kepala Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More