Selasa, 04 September 2012

Tips agar Semangat Diet Sehat dan Alami

Untuk mencapai berat tubuh ideal tidaklah mudah, butuh kerja keras, tekad, dan disiplin yang tinggi dalam mencapai target berat tubuh yang diimpikan. Karena itu kita harus semangat dan pantang menyerah. Diet sehat dan alami dapat dijadikan alternatif solusi agar berat tubuh yang diinginkan dapat di capai. berikut langkah-langkah agar diet sehat dan alami Anda dapat dilakukan dengan Semangat.

tips agar semangat diet sehat dan alami

Sebelum kita memulai diet, ada baiknya kita menentukan target berat badan impian kita. Hal ini penting agar kita terus terpacu dalam meraih berat badan tersebut. Penentuannya simpel, Anda dapat menentukannya sendiri atau menggunakan rumus.

Rumus Berat Badan Ideal :

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) – ( 10% tinggi badan -100)

Contohnya : Apabila tinggi badan Anda setinggi 170 cm, maka berat badan Anda adalah (170 – 100) – (10% x (170 – 100) = 70 – 7 = 63 kg. 

Nah, sekarang sudah di ketahui berat badan ideal Anda. Sekarang saatnya kita mulai program diet kita, perhatikan tips-tips berikut agar diet sehat dan alami dapat berjalan optimal.

Tips berikut dikutip dari Pakar Nutrisi Nancy Clark dari Majalah Runners World :

1. Dalam menurunkan sekitar 10 pon lemak tubuh dalam kurun waktu setahun, Anda harus mengurangi sekitar 100 kalori per hari. Jangan terlalu banyak mengurangi kalori yang di rekomendasikan, karena hanya akan membuat Anda kekurangan energi dan memicu rasa lapar berlebihan. Jadi apabila target Anda 20 kg atau sekitar 40 pon ( 2 pon = 1 kg). Anda harus mengurangi kalori Anda perhari sekitar 400 kalori.

2. Jangan lupa untuk sarapan setiap pagi. Sebaiknya makanlah 2 jam setelah Anda Bangun pagi.

3. Fakta unik tentang diet sehat adalah alihkan sebagian jatah kalori makan malam Anda ke sarapan atau makan siang. Kenapa? Karena setelah sarapan atau makan siang kita akan banyak melakukan aktivitas berbeda dengan setelah makan malam yang sedikit melakukan aktivitas. Jadi perbanyaklah makan pagi dan kurangi makan malam, simpel kan..

4. Jangan menjadi lapar. Makanlah setidaknya setiap empat jam, dengan catatan bahwa setiap kalori dijatah. Hal ini dilakukan agar metabolisme tubuh semakin aktif serta aktivitas Anda tidak terganggu.

5. Konsumsilah paling tidak 3 jenis dari empat kategori  makanan pada setiap kali Anda makan:

  • Roti, sereal, gandum
  • Aneka buah dan sayuran
  • Susu non fat / rendah lemak dan susu kedelai
  • Daging rendah lemak misal dada ayam tanpa kulit, ikan, kacang.
6. Buat diary perkembangan diet Anda. Dengan begitu, Anda dapat memantau progress Anda sekaligus sebagai bahan evaluasi dan apresiasi diri karena berhasil mencapai target berat badan.

7. Hindari kalori dalam bentuk cairan, seperti soft drink, minuman olahraga, kopi, dan alkohol

8. Biar makin sehat, perbanyak makan buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum. Kurangi makanan cepat saji dan olahan, karena disamping kurang sehat biasanya seratnya sedikit dan tidak mengeyangkan =D

9. Kadang memang sulit mencari makanan sehat, dan jika terpaksa harus makan makanan cepat saji ada baiknya cek terlebih dahulu kandungan nutrisinya, atau biar gampang hindari menu-menu yang mengandung kata "fried", "crispy", ataupun special sauce karena pasti banyak mengandung kalori.

10. Yang terakhir olahragalah secara teratur, jangan olahraga berlebihan. usahakan jenis olahraga yang membakar kalori banyak, seperti tread mill dsb, dan juga banyak minum air putih usahakan 8 gelas per hari




0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More