Minggu, 02 September 2012

Tips Menjaga Kesehatan Kulit


Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting, dimana kulit merupakan bagian tubuh kita yang bersentuhan langsung dengan segala hal di luar tubuh, seperti cuaca, sinar matahari, udara dan lain-lain. Disamping itu kulit merupakan hal pertama yang terlihat, saat kita mulai mengalami penuaan. Jadi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan cantik. Berikut  beberapa tips tentang menjaga kesehatan kulit

1. Bersihkan Kulit Setiap Hari dengan Lembut dan Hati-Hati

Aktivitas diluar ruangan yang padat menyebabkan debu dan kotoran menyumpat pori-pori di kulit kita, menyebabkan tumpukan sel-sel kulit mati serta kotoran di permukaan kulit kita semakin bertambah. Oleh sebab itu perawatan kulit yang paling utama adalah bersihkan kulit. Membersihkan kulit wajah, seperti mencuci muka harus disesuaikan dengan jenis kulit. Jika kulit berminyak pakailah bahan pembersih wajah yang mengandung almond dan alpukat, sedangkan untuk jenis kulit kering pakailah pembersih wajah yang mengandung madu agar kulit menjadi lembab, dan jika jenis kulit normal dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandungan teh atau greentea. Jika sabun pencuci wajah mengandung jenis scrub, jangan dipakai tiap hari tetapi pakailah seminggu 2 kali karena kulit akan cepat menjadi kering dan terjadi iritasi. Lakukan cuci muka setiap hari minimal 2 kali sehari. Dengan mencuci muka kulit akan terhindar dari jerawat dan kulit akan lebih segar dan kenyal.

2. Hindari Merokok 

Menurut beberapa penelitian bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok berpengaruh pada kesehatan kulit. Disamping merokok dapat merusak kesehatan, merokok dapat membuat kulit kusam dan berkerut. Jadi sebaiknya hindari merokok disamping menjaga kesehatan tubuh, kulit pun menjadi sehat dan tidak kusam.

3. Gunakan Bahan Kosmetik Tambahan yang cocok dengan Kulit

Apabila kulit Anda dalam keadaan kurang baik, seperti berminyak, jerawatan atau terlihat bintik hitam diwajah, maka ada baiknya menggunakan kosmetik perawatan yang cocok dengan kulit agar proses penyembuhan dan pemulihan kondisi kulit semakin cepat.

4. Gunakan Tabir Surya dan Hindari Sengatan Sinar Matahari Langsung  

Untuk menjaga kesehatan kulit sebaiknya gunakan tabir surya saat beraktifitas. Anda perlu melindungi kulit dari matahari guna mencegah penuaan pada kulit. Matahari dapat membuat kulit berkerut, kering, dan membuat warna kulit berubah. gunakan tabir surya yang mengandung SPF. Sebelum menggunakan sesuaikan tingkat SPF dengan aktivitas dan kebutuhan kulit Anda. Jika aktivitas padat dan diluar gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi, jika hanya di ruangan atau kantor cukup menggunakan SPF yang rendah saja.

5. Menjaga Pola Makan dan Berolahraga secara Teratur

Olahraga teratur sangatlah baik untuk tubuh, melakukan gerakan-gerakan kecil seperti stretching atau pun senam yoga dapat membuat kesehatan kulit kita semakin baik. Disamping itu menjaga pola makan yang baik seperti mengurangi junk food ataupun mengkonsumsi banyak sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E sangatlah baik untuk tubuh. Jangan lupa Anda juga harus rajin minum air putih, minimal delapan gelas sehari agar kulit menjadi lembab dan kenyal.





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More