Rabu, 05 September 2012

Bahaya Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Merkuri atau yang dalam unsur kimia nya disebut Hg adalah salah satu unsur logam yang berbahaya jika digunakan pada kulit. Saat ini banyak kosmetik-kosmetik murah yang beredar di pasaran dengan harga murah dan dijamin khasiatnya untuk memutihkan wajah. Namun boro-boro memutihkan wajah malah sebaliknya membuat wajah semakin pucat dan kusam.

mercury cosmetic


Flek mungkin untuk sementara terlihat menghilang setelah digunakan namun jika penggunakan dihentikan maka flek akan bertambah dan makin parah. Merkuri dapat diserap pada kulit dan dialirkan melalui darah menuju ginjal. Jika mengendap dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan gagal ginjal. Dampak lain yang dapat juga dirasakan adalah pikun, alzheimer, insomnia, depresi dll.

Produk kosmetik yang mengandung merkuri dapat menyebabkan iritasi dan bercak-bercak merah pada kulit. Kulit memang akan tampil mengkilap namun tidak wajar. Berikut ada cara untuk mengenali kosmetik yang mengandung merkuri :

1. Menjanjikan Kulit menjadi Putih dalam Seminggu
harus dicurigai bila ada yang menjamin kulit putih dalam sekejap, karena dengan cara biasa saja bisa berbulan-bulan lamanya

2. Krim terasa encer
krim pemutih biasanya berbentuk agak lengket, jika encer maka bahan dicampurkan dengan bahan-bahan berbahaya

3. Bau logam masih terasa
biasanya bau logam masih melekat di dalamnya, coba cium dulu. memang sebagian besar krim palsu ini telah menggunakan pewangi buatan namun setidaknya masih tersisa bau logamnya.

4. Dioleskan di kulit terasa panas
patut dicurigai jika krim dioleskan terasa panas menyengat

Janganlah kita termakan dengan gumbar janji manis penjual yang menjanjikan kulit putih dalam waktu singkat dengan harga yang murah, bisa-bisa bukan kulit menjadi putih malah menjadi pucat pasi. Lebih baik gunakan kosmetika herbal atau yang mahal daripada kena banyak penyakit kan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More